Home DESTINATIONS Menjajal Pesona Wamena; Primadona Elok Di Timur Nusantara

Menjajal Pesona Wamena; Primadona Elok Di Timur Nusantara

857
0

Memiliki ketinggian sekitar 1800 meter di atas permukaan laut, Wamena menawarkan pesona pemandangan khas dataran tinggi yang sejuk dan indah, jauh dari hingar bingar dan polusi dari kebanyakan kota besar di Indonesia. Sebagai bagian dari provinsi Papua, perkembangan Wamena banyak ditentukan oleh aktivitas bandar udara mereka. Kota yang terletak Lembah Baliem ini dialiri oleh sungai Baliem dan diapit pegunungan Jayawijaya yang legendaris.

Photo by : Elege PHOTOgraphy

Terdapat sejumlah destinasi menarik di sekitar Wamena yang layak untuk dikunjungi oleh para ‘petualang’ sejati; salah satunya Telaga Biru. Terletak di pedalaman Baliem, dengan jarak sekitar dua jam berkendara dari pusat kota, ditambah 1 jam trekking menyusuri alam liar yang menantang, danau mungil dengan air berwarna biru toska jernih ini menawarkan keindahan ‘surgawi’ yang membalas setimpal mereka yang meluangkan waktu dan tenaga untuk mengunjunginya. Meski tidak terlalu dalam, warna biru naturalnya yang cukup pekat membuat dasar danau ini tidak tampak. Sayangnya kamu tidak diperkenankan untuk berenang menyusuri sejuknya air Telaga Biru, karena tempat ini dianggap sakral oleh penduduk setempat. Legenda menyebut bahwa Telaga Biru merupakan tempat ‘lahir’ orang Papua pertama, beserta sejumlah alasan mistis lainnya.

Source : Metro Merauke

Selain itu, di Lembah Baliem, terdapat situs bersejarah berupa 6 buah mumi yang diawetkan secara tradisional. Mumi paling terkenal ada di Distrik Kerulu bernama Wim Motok Mabel yang berusia 280 tahun. Konon, ia merupakan Panglima Perang yang ditakuti di eranya. Keunikan mumi khas Wamena adalah cara pengawetannya yang menggunakan asap serta baluran lemak babi selama 200 hari di sebuah Honai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here