Home DESTINATIONS Arc de Triomphe, Simbol Kemenangan Prancis

Arc de Triomphe, Simbol Kemenangan Prancis

306
0
Arc de Triomphe

TRAVELZOLA – Monumen di Paris Arc de Triomphe yang merupakan gapura terbesar dalam sejarahnya ini menjadi salah satu destinasi wisata populer. Gapura yang terletak di tengah bundaran Place Charles de Gaulle ujung barat jalan Champs-Elysees, Paris, Perancis ini dibangun untuk memperingati hari kemenangan Napoleon.

Arc de Triomphe dapat diartikan sebagai ‘busur kemenangan’. Monumen peringatan ini memang sengaja dibangun untuk menghormati jasa para prajurit Napoleon Bonaparte, La Grande Armée, yang menang dalam pertempuran di Austerlitz pada 2 Desember 1805.

Arc de Triomphe

Arc de Triomphe yang dibangun pada masa kejayaan Napoleon ini di design oleh Jean François Chalgrin yang terinspirasi dari Arc of Titus di Roma, Italia. Namun gapura ini belum selesai dibangun saat Napoleon sudah wafat di tahun 1821 sehingga dia tidak bisa melihat megahnya Gapura ini, sedangkan pembangunan selesai sekitar tahun 1836.

Jean François Chalgrin memang yang menjadi arsitek pertama, namun belum sempat menyelesaikan bangunan tersebut. hal ini dikarena pada tahun 1811 ia meninggal dunia. Pembangunan kemudian dilanjutkan oleh Nicolas Huyot.

Namun Pembangunan Arc de Triomphe sempat terhenti ketika kekaisaran Perancis runtuh pada tahun 1814 dan juga pada tahun 1826, dan akhirnya pada tahun 1836 Arc de Triomphe diresmikan oleh Raja Louis-Philippe.

Pada 15 Desember 1840 jenazah Napoleon pernah dibawa melewati Monumen Arc de Triomphe pada saat proses pemindahan makamnya ke Invalides.

Arc de Triomphe - Simbol kemenangan Prancis

Bagian bawah lengkungan gapura Arc de Triomphe terdapat makam tentara tidak dikenal saat Perang Dunia I. Dengan tulisan di atas makamnya “ICI REPOSE UN SOLDAT FRANCAIS MORT POUR LA PATRIE” artinya “Di sini terbaring seorang tentara Perancis yang mati untuk tanah air” pada tahun 1914 – 1918. Terdapat lentera di atas makam yang tidak pernah padam bernama api abadi atau eternal flame, lentera ini dinyalakan untuk mengenang jasa-jasa para tentara Perancis yang Perang Dunia I dan II.

Pada bagian dalam gapura ini juga terdapat lift yang bisa dinaiki oleh para wisatawan yang berkunjung. Saat sampai bagian dalam Arc de Triomphe, wisatawan akan bertemu dengan sebuah museum kecil yang memiliki 46 anak tangga. Kemudian anak tangga tersebut akan membawa wisatawan naik ke puncak Arc de Triomphe untuk menyaksikan panorama kota Perancis yang indah dari atas ketinggan.

Monumen Arc de Triomphe juga kerap dijadikan tempat ketika ada pawai atau parade yang lewat. Tempat untuk berfoto-foto, dan juga didekat monumen Arc de Triomphe terdapat halte bus wisata tur lokal. Sehingga tidak salah jika lokasi ini menjadi pusat keramaian dari kota Paris.

Berkunjung ke tempat ini akan menjadi destinasi seru pilihan Anda dengan orang tersayang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here