Home DESTINATIONS 6 Gunung Di Dunia Yang Akan Membuatmu Terpana Versi Travelzola

6 Gunung Di Dunia Yang Akan Membuatmu Terpana Versi Travelzola

102
0

Bumi memang banyak sekali menyimpan keindahan alam yang sangat spektakuler, salah satunya adalah gunung. Seperti yang diketahui banyak orang ada banyak gunung di seluruh dunia dengan karakteristik yang juga berbeda-beda atau identik dengan gunung itu tersendiri.

Hampir semua Gunung menyimpan beberapa keindahan yang dapat di nikmati oleh semua orang, baik itu dari segi bentuk gunung itu sendiri, udara segar akibat pepohonan yang tumbuh di sepanjang gunung hingga keindahan panoramanya.

Dari banyak gunung di dunia beberapa bahkan memiliki bentuk maupun kelebihan yang bahkan akan membuat anda terpana lebih jauh. Nah, berikut ini ada 6 gunung di dunia yang akan membuatmu terpana versi Travelzola.

1. Gunung Ama Dablam di Nepal

Ama Dablam from Nepal
Ama Dablam (Nepal)
Source : Google

Terletak di pegunungan himalaya yang memang tekenal dengan banyak puncak besar dan Ama Dablam menjadi salah satu gunung yang menjulang tinggi diantara lainnya.

Nama gunung ini sendiri mempunyai arti ‘kalung ibu’, dua punggungan panjang yang terletak di sebelah kanan dan kiri gunung Ama Dablam seperti tangan-tangan ibu ‘Ama’yang melindungi anaknya. Lalu gletser yang menggantung di sisi bagian barat dari gunung ini terlihat seperti liontin (bandul  kalung) atau yang disebut ‘Dablam’ yang umumya dipakai oleh Sherpa perempuan di sana.

Ama Dablam pertama kali didaki pada tahun 1961 oleh Mike Gill (New Zealand), Barry Bishop (Amerika Serikat), Mike Ward (Inggris), dan Romanes Wally (Selandia Baru) melalui rute Southwest Ridge. Pendakian tersebut dipimpin oleh Sir Edmund Hillary sempat mengatakan gunung Ama Dablam adalah gunung yang tidak mungkin untuk didaki unclimbable, namun kemudian dia meralatnya menjadi fantastically difficult. Sir Edmund Hillary merupakan pendaki pertama yang berhasil mencapai puncak Everest bersama Tenzing Norgay pada tahun 1953.

Beauty of Ama Dablam
Ama Dablam (Nepal)
Source : Google

Kebanyakan gunung meningkat secara bertahap, Namun gunung Am Dablam ini meningkat secara tajam ke arah langit. Gunung ini benar-benar sangat indah. Wajib dijadikan salah satu tujuan wisata mu.

2. Gunung Tri Cime di Laveredo di Italia

Tri Cime Alpen
Tri Cime (Alpen)
Souce : Google

Drei Zinnen menjadi sebutan lain bagi gunung ini, dengan tiga puncak seperti benteng yang khas, di Sexten Dolomites di timur laut Italia . Mereka mungkin salah satu kelompok gunung paling terkenal di Pegunungan Alpen.

Tiga puncak, dari timur ke barat, adalah:

  • Cima Piccola / Kleine Zinne (“puncak kecil”)
  • Cima Grande / Große Zinne (“big peak”)
  • Cima Ovest / Westliche Zinne (“puncak barat”).

Gunung ini banyak sekali dikunjungi oleh para pecinta sepeda dan wisatawan. 3 batu besar ini akan memberikan keindahan yang sangat luar biasa jika kamu lihat dari jarak jauh maupun jarak dekat. Gunung ini adalah kelompok gunung yang paling terkenal di pegunungan Alpen.

Tri Cime sebagai salah satu wajah Alpen
Tri Cime (Alpen)
Source : Google

Emilio Comici menjadi orang pertama yang mendaki wajah utara Cima Grande pada tahun 1933 dalam sebuah kelompok yang terdiri dari tiga orang, dan memakan waktu pendakian selama 3 hari dan 2 malam.

Bagian utara yang menjuntai sebagian ini dianggap oleh pendaki sebagai salah satu wajah utara besar Pegunungan Alpen .

3. Gunung Matterhorn di Swiss

Matterhorn Swiss
Matterhorn (Swiss)
Source : Google

Matterhorn diambil dari kata Jerman yaitu Matte, yang berarti padang rumput, dan Horn, yang berarti puncak.

Gunung ini adalah puncak indah yang terletak di Swiss dan terlihat seperti piramida danmempunyai dinding sebelah timur hampir berbentuk vertikal.

Matterhorn merupakan puncak terakhir Alpine yang ditaklukan dan pendakian pertama menandai akhir zaman Emas alpinism, yaitu tahun 1865 oleh ekspedisi yang dipimpin oleh Edward Whymper dan berakhir tragis ketika sebagian besar anggotanya jatuh.

Matterhorn juga menjadi salah satu puncak paling mematikan di Pegunungan Alpen dari 1865 “ketika pertama kali dinaiki” hingga 1995, 500 alpinists meninggal di atasnya.

Matterhorn (Swiss)
Matterhorn (Swiss)
Source : Google

Gunung ini menghadapi perubahan cuaca yang cepat. Selain curam, wajah gunung dan lokasi terpencil yang membuatnya rentan terhadap pembentukan awan dengan udara yang mengalir di sekitar dan menciptakan pusaran, melakukan kondensasi udara.

Yang artinya selain cantik, gunung ini juga mematikan.

4. Gunung Kirkjufell di Islandia

Kirkjufell yang fenomenal
Kirkjufell (Islandia)
Source : Google

Gunung Kirkjufell menjadi salah satu surga dunia luar biasa yang terletak di Semenanjung Snaefellsnes, Islandia. Gunung ini memang bukanlah gunung terbesar atau paling mematikan di Islandia.

Gunung ini menjadi sangat terkenal karena penyatuan semua elemen alam yang menciptakan pemandangan gunung itu sendiri. Bisa dikatakan bahwa gunung ini adalah gunung yang fotogenic.

Gunung ini adalah sebuah keajaiban yang sangat luar biasa. Ketika cuaca panas, gunung ini akan berwarna hijau dan air terjun kirkjufellsfoss yang terletak di sekitar gunung tersebut akan semakin melengkapi keindahan gunung ini. Dan ketika musim dingin tiba, gunung ini akan tertutup oleh salju, aurora akan mewarnai langit gunung ini dan air terjun akan membeku.

Kirkjufell di Islandia
Kirkjufell (Islandia)
Source : Google

Dari bentang darat tengah, Anda dapat melihat tiga air terjun yang mengalirkan air sejernih kristal di kaki gunung. Semua pemandangan ini menciptakan potret sempurna dari Islandia yang idealis, begitu pula dengan cuaca yang menyeliputi gunung tersebut.

5. Gunung Denali, Alaska, di Amerika Serikat

Gunung Denali, Alaska
Gunung Denali, Alaska (Amerika)
Source : Google

Gunung Denali memang dikenal dengan sebutan Gunung McKinley, yang mempunyai tinggi 6.194 meter dan memang gunung tertinggi di Amerika Utara. Walaupun bukan gunung tertinggi di dunia, tetapi gunung ini mempunyai keindahan yang menakjubkan.

Dengan tinggi dasar-ke-puncak sebesar 18000 kaki (5500 m), Denali dianggap sebagai gunung daratan tertinggi di dunia.

Menurut prominensa topografisnya, Denali adalah puncak paling prominen ketiga di dunia setelah Gunung Everest dan Aconcagua.

Gunung Denali, Alaska (Amerika)
Gunung Denali, Alaska (Amerika)
Source : Google

Orang Eropa pertama yang mencatat keberadaan gunung ini adalah George Vancouver pada tahun 1794. Pada tahun 1903, James Wickersham menjadi orang pertama yang mencoba mendaki Denali, namun gagal. Tahun 1906, Frederick Cook mengklaim gelar pendaki pertama yang kemudian terbukti palsu.

Pendakian pertama Denali yang berhasil tercatat pada tanggal 7 Juni 1913 oleh tim pendaki Hudson Stuck, Harry Karstens, Walter Harper, dan Robert Tatum, lewat jalur selatan. Tahun 1951, Bradford Washburn menjadi orang yang merintis jalur pendakian West Buttress. Jalur ini kemudian dianggap paling aman dan mudah dan akhirnya digunakan sampai sekarang.

6. Gunung Alpamayo di Peru

Alpamayo (Peru)
Source : Google

Gunung ini terlihat seperti piramida es yang banyak dianggap sebagai salah satu gunung paling indah dan menakjubkan di dunia. Gunung ini memberikan keindahan yang luar biasa dan merupakan surga para pendaki.

Alpamayo menjadi salah satu gunung terindah di Pegunungan Andes. yang terletak di Cordillera Blanca, sebelah utara Peru. Tingginya 5.947 mdpl.

Dengan Jalur pendakian yang memang cukup sulit, namun terbayar karena para pendaki akan disuguhi panorama cantik puncak-puncak bersalju di Pegunungan Andes.

Dapatkan Info seputar Traveling di Travelzola

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here